Berbicara mengenai keindahan alam Lombok tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Kemanapun kita menjejakkan kaki ke penjuru pulau ini pasti akan menemui bentang alam dengan pemandangan indah. Selain terkenal akan pantainya. Lombok juga memiliki berbagai spot wisata pegunungan, pantai, danau, lembah hingga air terjun. Jika kamu sedang berencana untuk berlibur, berikut enam spot terindah di Lombok yang wajib masuk ke dalam travel itinerary-mu.

1/6 Air Terjun Mangku Sakti

timthumb.jpgFoto dok: Infonusantara 

Berlokasi di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Air Terjun Mangku Sakti kerap luput dari mata para wisatawan. Padahal, pesona keindahan destinasi wisata ini memberikan pemandangan berbeda yang menyegarkan mata dan pikiran. Terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sadang, air terjun ini memiliki air jernih berwarna kebiruan yang merupakan aliran dari Danau Segara Anak. Tidak hanya itu saja, letaknya yang diapit bebatuan menambah kesan menenangkan.

2/6 Goa Bangkang

bangkang.jpgFoto dok: Flickr 

Sering disebut sebagai Goa Gale-Gale, destinasi wisata ini dikelilingi dengan perbukitan yang ditanami oleh ribuan pepohonan, Terletak di dekat pantai Mandalika, lebih tepatnya di Desa Prabu, Lombok Tengah, goa ini memiliki daya tarik magis dengan pemandangan memukau yang didapatkan dari adanya sinar matahari yang masuk ke sela-sela tembok goa. Karena penampakkannya seperti cahaya yang turun dar langit, membuat fenomena ini dijuluki sebagai “Cahaya Tuhan”. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, jangan lewatkan untuk menyusuri goa dan temukan keindahan yang tak tertandingi.

3/6 Pantai Tebing

tebing.jpgFoto dok: mobilombok.com 

Go further north to find this mesmerizing beach! Tebing yang ada di sekitar pantai ini merupakan hasil dari letusan Gunung Rinjani Tua pada tahun 1257. Terletak di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Lombok Utara ini merupakan jalan utama yang menghubungkan Desa Bayan dan Mataram dengan pemandangan indah dan tergolong masih sepi pengunjung. Selain berswafoto di depan tebing-tebing curam, kamu juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti memancing, berenang, maupun sekedar berjemur atau bersantai di pinggir pantai.

4/6 Bukit Pergasingan

pergasingan.jpgFoto: localxplore.id 

Selain identik dengan pantainya yang indah, Lombok juga memiliki destinasi perbukitan yang dapat kamu kunjungi. Bukit Pergasingan yang terletak di bagian Timur kepulauan ini sudah lumayan populer di kalangan para wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah. Terletak di ketinggian 1670 mdpl, tempat ini sering disebut sebagai negeri diatas awan, kamu dapat melihat Gunung Rinjani dengan suasana sekitar kawasan Sembulan yang menenangkan jiwa. Akses untuk ke tempat ini terbilang cukup mudah bagi para pendaki, yang juga menjadikannya sebagai jalur alternatif pendakian Gunung Rinjani. Perjalanan hiking akan ditempuh selama 4 jam ditemani udara sejuk serta berbagai spot foto Instagramable.

5/6 Pantai Telawas

telawas.jpgFoto dok:  Instagram/ @cendrawa_official 

Jika kamu memiliki sisa waktu dalam agenda liburan, kamu dapat meluangkan waktu untuk pergi ke pantai terpencil dan jauh dari pusat kota. Sering disebut mirip seperti Planet Krypton, pantai ini dipenuhi dengan tebing karang. Deburan dan hempasan ombak biru yang keras serta perbukitan hijau di sekeliling nya membuat sensasi tersendiri ketika mengunjunginya. Pemandangan indah yang jarang banyak ditemui orang-orang ini membuat kamu seolah seperti sedang berlibur ke luar negeri. 

6/6 Sembalun

sembalun.jpgFoto dok: Tripadvisor

Terletak di wilayah lereng Gunung Rinjani yang dikenal akan keindahan panorama perbukitan yang megah, Sembalun sering dimanfaatkan sebagai kawasan untuk bermain paralayang. Tidak hanya itu, pengunjung pun juga dapat melakukan beragam aktivitas seru lainnya seperti berjalan menyusuri sawah berlatarkan pemandangan gunung maupun memetik buah stroberi yang berada di daerah Sembalun Lumbung dan Sembalun Lawang. Selain itu, terdapat pula wisata rumah adat Beleq dimana pengunjung dapat melihat tujuh rumah adat kuno berusia ratusan tahun.