Saat ini berbagai destinasi wisata di Indonesia sudah dapat dikunjungi dan berpergian ke luar kota menjadi salah satu hal menarik yang dapat dilakukan selama liburan panjang akhir tahun. Namun, dengan pandemi yang masih berlangsung ini, traveler wajib memeriksakan kesehatan diri sekaligus membawa barang-barang penunjang protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus. Berikut 7 tips mudah yang wajib kamu lakukan untuk berpergian yang aman dan nyaman. 

1/7 Contactless payment

3cb089bc-b4d1-460a-af7a-13e54cb5b5e4.jpgFoto dok: unsplash.com/ @jonasleupe

Uang kertas menjadi salah satu media penularan yang beresiko besar untuk memperluas penyebaran virus. Untuk itulah banyak merchant ataupun store offline yang menyediakan pembayaran dengan kartu ataupun uang virtual. Saat ini contactless credit card telah dianggap sebagai cara pembayaran yang lebih aman untuk mencegah penipuan sekaligus menjadi cara yang lebih aman untuk mencegah penularan. Hal ini memungkinkan traveler untuk tidak perlu menggunakan kartu melalui mesin yang sama dengan yang disentuh orang lain atau harus menyerahkan kartu kepada orang lain untuk melakukan pembayaran.

2/7 Kunjungi destinasi wisata dengan rasio kasus rendah

cf7a545e-72da-4917-b877-f88dce9ec04e.jpgFoto dok: unsplash.com/ @nitishm

Beberapa wilayah memiliki kasus penularan pandemi COVID-19 yang cukup rendah. Jika suatu destinasi memiliki sedikit kasus atau tidak ada kasus baru dalam beberapa minggu, peluang tertular virus di sana akan menjadi rendah. Agar tetap aman bepergian, selalu hindari tempat yang berpotensi dikunjungi orang banyak seperti bar, klub malam dan taman hiburan.  Carilah kegiatan seperti mendaki gunung, menjelajahi hutan, serta bersepeda di alam sekitar karena selain menyegarkan, tempat tersebut juga aman dari hiruk pikuk keramaian. 

3/7 Bawa tumbler dan silverware pribadi

tumbler.jpgFoto dok: kinto-europe.com

Selain mengurangi resiko tertular Covid-19, membawa botol pribadi dan silverware juga dianjurkan untuk menjaga lingkungan. Pastikan bahwa kamu memilih botol minum aluminium untuk menyimpan air panas atau air dingin. Untuk silverware, bawa sendok dan garpu maupun sedotan aluminium sehingga kamu dapat mencucinya sendiri.  

4/7 Portable charger

3dbcbcc4-3025-4fe4-a478-c8ceeae58247.jpgFoto dok: unsplash.com/ @wuwulife 

Bepergian dengan ponsel yang mati ataupun sekarat di tengah perjalanan menjadi salah satu masalah terbesar para traveler, dan diperparah ketika berada di dalam masa pandemi ini. Orang-orang akan ragu untuk meminjamkan ponsel atau pengisi daya merekya, sehingga menemukan sumber listrik untuk mengisi ponsel menjadi lebih susah—terlebih ketika saat masuk ke wisata alam. Untuk mencegah masalah itu terjadi, belilah power bank dengan daya kapasitas paling tidak 10000mAH agar baterai HP anda bisa tetap terisi penuh dalam 1 atau 2 kali pengisian daya. 

5/7 Selalu bawa persediaan masker dan hand sanitizer cadangan

c5374b77-e7a0-4f90-bff2-a3e7e794119f.jpgFoto dok: unsplash.com/ @noahmatteo 

Dalam kondisi seperti ini ada baiknya jika kita selalu siap siaga dan membawa perlengkapan pembersih cadangan saat travelling. Pastikan jika kamu memiliki masker, hand sanitizer, tissue kering dan basah serta handuk kecil. Terlebih lagi, jangan mengharapkan orang lain untuk memberimu persediaan mereka, karena hal tak terduga bisa darang kapan saja.

6/7 Pilih kegiatan outdoor

cf1eff61-c411-4e49-976e-961b2c956452.jpgFoto dok: unsplash.com/ @seefromthesky

Saat traveling, ada baiknya jika kamu melakukan aktivitas outdoor. Karena selain meminimalisir risiko penularan melalui siklus udara, kegiatan outdoor juga bisa menurunkan stress. Perlu diingat bahwa kamu harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan jangan menyentuh area muka jika tanganmu belum benar-benar bersih. Selain itu, semprotkan disinfektan ketika kamu hendak menggunakan kendaraan umum.

7/7 Pastikan kondisi tubuh fit

ac8fa923-6b7a-4f9d-975b-f33d6d74dd4e.jpgFoto dok: unsplash.com/ @bruno_nascimento 

Saat traveling, penting bagimu untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh. Jangan lupa membawa vitamin dan konsumsi air setiap hari. Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan penting sehingga kamu tidak perlu berkunjung ke supermarket, apotek atau rumah sakit yang ramai pengunjung.