cover.jpegFoto dok: Daihatsu.com 

Dari sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang tidak akan pernah habis untuk dieksplorasi. Sementara berpergian ke luar negeri masih belum bisa dilakukan secara maksimal akibat pandemi, tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu liburan kita untuk mengunjungi 8 hidden gem spots di Indonesia ini. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1/8 Bukit Jengkoang

Jengkoang.jpgFoto dok: Instagram/@ajuprasetyo 

Bagi kamu yang ingin menikmati udara segar dengan pemandangan gunung serta udara sejuk, kamu wajib mengunjungi Bukit Jengkoang. Terletak di ujung utara Kota Batu, tepatnya di Desa Bumiaji, Malang-Jawa Timur, bukit Jengkoang hanya berjarak 20 hingga 25 menit dari pusat Kota Batu dengan menggunakan motor atau mobil. Meski eksistensinya belum banyak diketahui, keindahan bukit ini tidak kalah mempesona dengan beberapa bukit lainnya yang terkenal di Malang Raya. Dikelilingi oleh perkebunan sayur dan hutan pinus di lereng Gunung Arjuna, bukit ini berada di dataran yang cukup tinggi sehingga kamu dapat menikmati pemandangan Kota Batu dan Gunung Arjuna yang menawan. Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan malam di lokasi perkemahan dan camping yang berada di atas bukit atau hutan pinus.

2/8 Tomboan Ngawonggo

TOMBOAN.jpgFoto dok: superapp.id

Selain menikmati keindahan alam, mencicipi kuliner khas sebuah daerah merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Alih-alih mendatangi restoran, tempat makan satu ini tidak hanya memiliki nuansa budaya Jawa klasik, tetapi juga makanan berbasih tumbuhan yang tidak kalah lezatnya dengan restoran-restoran lain di perkotaan. Berlokasi di Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Tomboan Ngawonggo adalah sebuah tempat makan yang menawarkan berbagai macam minuman, makanan serta jajanan tradisional. Ketika berkunjung ke lokasi ini, para pengunjung juga dapat membayar sikhlasnya untuk menikmati jamuan. Lebih menariknya lagi, bangunan tempat persinggahan ini merupakan hasil swadaya masyarakat Desa Ngawonggo dan dananya pun juga dikumpulkan dari warga lokal. Bagaimana? Menarik bukan?

3/8 Air Terjun Telunjuk Raung

raung.jpgFoto dok: Travelinkmagz

Bagi kamu para pecinta alam, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat selanjutnya, yaitu Air Terjun Telunjuk Raung. Berada di kaki Gunung Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, destinasi air terjun ini memiliki pesona dan keindahan alam memukau yang pastinya akan membuatmu terkesima. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus menyusuri perjalanan di tengah ladang tebu milik Perkebunan Tirta Harapan dan jaraknya sekitar 4 kilometer dari pemukiman warga Desa Sumberarum dengan jalanan terjal dan naik turun. Namun, kamu jangan khawatir karena seluruh lelahmu akan terbayar tuntas saat menghabiskan waktu di air terjun ini.

4/8 Taman Nasional Baluran

Baluran.jpgFoto dok: indosurvival.com

Lupakan sejenak Taman Nasional Serengeti di Afrika, karena di Indonesia sendiri kamu pun juga dapat mengunjungi tempat serupa. Terletak di Banyuwangi dan Situbondo, Taman Nasional Baluran memiliki luas 25.000 Ha dan sekitar 40 persennya didominasi oleh tipe vegetasi sabana. Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi 444 jenis tumbuhan asli yang khas, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Berlibur kesini akan memberikanmu pengalaman safari yang tak terlupakan. Selain itu, Taman Nasional ini juga merupakan lokasi yang tepat bagi kamu para pecinta road trip, karena disini kamu dapat mengemudi campervan-mu.

5/8 Tomini Bay

Tomini.jpgFoto dok: katalogwisata.com 

Tomini Bay merupakan teluk terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 6.000.000 hektar dan mempunyai 90 pulau. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai hobi diving, karena tempat ini memiliki habitat bawah laut yang sangat indah. Keindahan bawah laut di sini juga sering dijuluki sebagai surga dunia sehingga rasanya sangat sulit untuk mendandingi kecantikannya. Bagi beberapa penyelam yang datang dari luar ataupun dalam negeri, Tomini Bay merupakan primadona bagi mereka.

6/8 Pantai Ora

Ora.jpgFoto dok: riellocar.com

Pantai Ora merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang memiliki pesona keindahan bagai surga di Indonesia Timur. Terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang banyak memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Meski letaknya jauh dan agak tersembunyi, pantai ini dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti penginapan, restoran dan spot outdoor activities yang menyenangkan. Di sini, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Pantai Ora dari penginapan berbentuk rumah panggung yang mengapung di atas air. Selain menginap di Ora Beach Resort, kamu juga bisa mencoba menginap di rumah penduduk setempat. Tentu saja, selain bisa lebih mengenal budaya dan penduduk setempat, kamu juga bisa lebih menghemat biaya menginap.

7/8 Pulau Labengki

Labengki.jpgFoto dok: Youtube.com

Disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat, Pulau Labengki memiliki pesona yang tak tertahankan. Di sini, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan cantik di atas air, tetapi juga keindahan berbagai biota laut yang masih terjaga habitatnya. Di Pulau ini, kamu juga dapat menjumpai salah satu spesies kima (kerrang raksasa) terbesar didunia yang besarnya mencapai 50 cm. Spot yang wajib kamu kunjungi adalah Teluk Cinta Pulau Labengku yang menjadi salah satu primadona karena teluknya yang menyerupai hati.

8/8 Rammang-Rammang

rammang.jpgFoto dok: shutterstock.com

Keindahan wisata karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros yang berjarak 40 km dari Makassar ini sangat wajib kamu kunjungi saat travelling. Dahulunya, kawasan ini sempat ditawar oleh perusahaan marmer dengan iming-iming warga sekitar akan dipekerjakan di perusahaan tersebut. Namun, warga menolak dengan tegas karena mengetahui akibat yang akan ditimbulkan yaitu terjadi kerusakan ekosistem. Setelah bertahun-tahun warga berjuang menyelamatkan kawasan ini, akhirnya Rammang-Rammang dijadikan sebagai atraksi wisata. 

Nama Rammang-Rammang sendiri berasal dari bahasa Makassar yang diartikan sebagai awan atau kabut karena lokasinya yang selalu tertutup kabut, terutama di pagi hari atau ketika hujan. Pegunungan kapur (karst) disini juga memiliki daya tarik yang menawan yang terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan yang mudah larut), sehingga menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).

Saat berkunjung kesini, jangan lewatkan spot wisata lainnya seperti elaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Telaga Bidadari dan Kampung Berua.