Indonesia memiliki banyak kekayaan yang membuat kita kembali jatuh cinta kepada negeri sendiri. Dari Sabang sampai Merauke, setiap destinasi memiliki pesonanya masing-masing. Tidak hanya alam yang memukau, budaya yang kaya hingga cerita sejarah yang beragam milik tiap destinasi, membuat Indonesia menjadi sasaran para pencinta travelling. Dari traveller lokal hingga internasional berantusias untuk mengeksplorasi kekayaan dari berbagai destinasi di Indonesia. Dari sekian banyaknya pesona dan keindahan yang ditawarkan oleh Indonesia, ada satu kharisma dari negara ini yang sudah diakui oleh para traveller yaitu pesona alamnya yang menantang. Penasaran di mana saja? Yuk, cek di sini!

Tarempa, Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas menawarkan banyak tempat indah yang cocok untuk dikunjungi saat liburan. Selain pantai dan laguna, pulau ini juga menyajikan wisata air terjun dengan panorama alam yang eksotis. Nama air terjun tersebut adalah Terumbun.

Air terjun yang berlokasi di Desa Terumbun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki tujuh tingkat. Banyaknya jumlah tingkat air terjun ini bisa memberikan kepuasan kepada kamu yang memiliki hobi bermain air.

Air Terjun Terumbun ini akan membuatmu terpana dengan kejernihan airnya yang sangat memukau. Suasana sejuk dari air terjun ini akan membebaskanmu dari stress, terlebih lagi jika kamu ingin melihat pemandangan yang lebih mempesona, kamu bisa naik ke tingkat tujuh air terjun ini.

Gunung Kelud, Jawa Timur

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang sering erupsi. Terletak di antara Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang. Gunung Kelud paling mudah dicapai dari Kediri, yang letaknya sekitar 27 km dari pusat kota. Ada beberapa cara untuk menantang adrenalinmu di gunung ini.

Salah satunya panjat tebing di Tebing Sumbing, aktivitas ini bisa dibilang yang paling ekstrem, bahkan untuk memanjat tebing ini kamu harus mengurus perizinan ke Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), pos penjagaan Dinas Pariwisata Kediri, Polsek Ngacar, hingga kantor Vulkanologi. Tinggi tebing ini mencapai 200-meter dan tidak semua dinding tebing dibentuk dari batuan andesit yang keras.

Jika kamu tidak menyukai panjat tebing, kamu bisa jogging sambil menikmati keindahan Kelud. Karena cukup banyak tanjakan, trail running di lereng Kelud yang sangat menantang. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan empat puncak Gunung Kelud yang menakjubkan. Berlari dari Desa Wates hingga puncak Kelud membutuhkan 2 sampai 3 jam, tergantung kecepatanmu.

Gunung Bromo, Jawa Tengah

Gunung Bromo selalu menjadi salah satu destinasi yang harus didatangi untuk pengunjung lokal maupun internasional. Terlebih lagi pemandangan matahari terbit yang selalu menjadi sasaran para pengunjung. Namun, untuk menikmati Gunung Bromo sepenuhnya kamu harus mencoba olahraga ekstrem atau outdoor seperti melakukan off-road. Olahraga yang memompa adrenalin tersebut dapat kamu lakukan di Puncak B-29 Lumajang atau Bukit 2.900 Mdpl dengan pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Gunung Raung, Jawa Timur

Bagi kalangan pendaki, Gunung Raung bukanlah nama yang asing lagi bagi mereka. Gunung ini memiliki medan pendakian yang cukup istimewa karena tergolong sulit. Para pendaki akan disuguhi jalur tanjakan dimulai dari titik awal pendakian. Kemudian, jalur menuju puncak pun cukup ekstrem, karena hanya berupa tebing dengan jurang di sisi kiri dan kanannya.

Gunung Raung masih menjadi tujuan pendakian para penyuka adrenalin karena karakter medan yang menantang. Mesikpun medan yang cukup berat untuk dilalui, tapi keindahan dari Gunung ini membuat pendakianmu menjadi setimpal.

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Untuk kamu yang menyukai berselancar namun tidak ingin menghabiskan duit lebih untuk ke Bali, kamu bisa berselancar disalah satu pantai Pelabuhan Ratu yang beranam Pantai Cimaja ini.

Berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi ini cukup berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Cimaja ini tidak berpasir tetapi berbatu, terlebih lagi lokasi pantai ini juga tersembunyi.

Pantai Cimaja yang tersembunyi ini merupakan salah satu pantai yang terindah di Pelabuhan Ratu. Dikarenakan tersembunyi, mungkin berselancar kamu bisa menjadi lebih tenang dan bisa memicu adrenalinmu.

Bukit Panguk Kediwung, Bantul

Menikmati pagi di atas Bukit Panguk Kediwung ini menjadi hal yang sangat mempesona, kamu bisa melihat pemandangan lautan kabut putih jika kamu datang pada waktu yang tepat. Lalu muncul cahaya sang surya yang akan menyapu kabut putih dan memberi pengelihatan jelas pemandangan Sungai Oya. Bukit Panguk Kediwung ini menjadi salah satu spot untuk hunting foto para pengunjung, ini dikarenakan pemandangan yang mempesona dan juga lokasi yang berada di atas bukit.

Namun, untuk mencapai bukit ini, adrenalin dan nyalimu harus diuji terlebih dahulu. Karena kamu harus melewati jalan yang masih belum baik, dan jalanan yang berliku-liku, serta tanjakan dan turunan yang curam. Terlebih lagi untuk kamu yang kurang menyukai ketinggian tetapi ingin berfoto-foto, bukit ini bisa menjadi spot adrenalin untukmu.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki 3 pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Untuk kamu yang ingin menguji adrenalin, kamu harus mengunjungi Pulau Rinca. Di pulau ini kamu akan menemukan habitat Komodo yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan Pulau Komodo itu sendiri. Pemandangan Pulau Rinca juga sangat mempesona, terbentang luas perbukitan padang savanna seperti sedang berpetualang di Afrika. Pesona Pulau Rinca sendiri bisa kamu nikmati melalui puncak bukit.

Derawan, Kalimantan

Wisata di Derawan Kalimantan Timur merupakan salah satu destinasi wisata kepuluan yang paling hits beberapa tahun belakangan ini. Wisata di Pulau Derawan ini memberikan keindahan pemandangan laut yang luar biasa.

Untuk kamu yang sedang mencari destinasi alam yang memicu adrenalinmu, kamu bisa ke Goa Haji Mangku, yang memang sudah terkenal menjadi tempat untuk menguji adrenalin. Kamu harus melompat dari ketinggian 4-meter ke dalam kolam alami sedalam 15-meter.

Goa Haji Mangku ini terletak di Desa Payung-Payung, Pulau Martua. Keeksotisan dari dinding Goa ini juga cukup mempesona, ditambah lagi dengan jernihnya air di dalam kolam ini menjadi seperti kolam tanpa dasar.

Baca juga: 5 Lokasi Unik Dalam Film Star Wars Yang Terdapat Di Seluruh Dunia

Tags: Travel, Indonesia, Destinasi, Alam, Adrenalin