Berlibur di berbagai tempat favorit di Eropa seolah menjadi salah satu mimpi besar bagi banyak masyarakat di Indonesia. Tidak hanya menawarkan sederet kecantikan alam yang mempesona, Eropa juga diperkaya dengan banyaknya pilihan tempat makan yang nyaman, struktur kota yang indah, fasilitas modern, serta lingkungannya yang bersih dan terawat. Terlebih lagi, banyak banyak tempat di Eropa yang keindahannya tersembunyi dari jangkauan masyarakat luas. Bagi para traveler yang ingin melakukan solo traveling ke berbagai belahan Eropa, berikut adalah beberapa kota dan tempat menarik yang akan membuat liburanmu menjadi semakin berkualitas. 


1/5 Marbella, Spanyol

Liburan tidaklah lengkap tanpa berbelanja. Bagi para shopaholic yang sedang melakukan perjalanan keliling Eropa, kota Marbella yang terletak di negara Spanyol ini merupakan destinasi pilihan terbaik untuk berbelanja berbagai kerajinan tangan lokal.  Tempat ini menawarkan berbagai pengalaman liburan menarik seperti sederet hotel dan restoran yang mewah, tempat bermain golf yang indah seperti Los Naranjos Golf Club dan Marbella Club Golf Resort, dan rangkaian tur ke berbagai wisata alam yang masih terjaga kelestariannya seperti Puerto Banus Marina dan Cabopino Beach. 

Para pelancong juga dapat memanjakan lidah mereka di 16 restoran berbintang Michelin yang terkenal akan sajiannya, mulai dari Lobito de Mar hingga Leña Marbella. Berbicara mengenai arsitektur kota Marbella, terdapat banyak lorong-lorong otentik dengan ribuan bunga dan tanaman yang tergantung di dinding. Selain itu, Iklim kota Marbella yang hangat menjadikan kota tersebut sebagai surga bagi para pecinta olahraga yang gemar melakukan kegiatan olah tubuh di luar ruangan. Destinasi ini juga menempati peringkat pertama di antara destinasi paling bergengsi dan eksklusif di Eropa.

2/5 Leuven, Belgia

Leuven adalah salah satu kota cantik yang berada di jantung kota Belgia. Kawasan liburan ini diperkaya dengan ragam tempat bersejarah, museum seni dan budaya, kuliner lezat, dan rangkaian tempat berbelanja yang tentunya menyegarkan jiwa. 

Nikmati berbelanja di kawasan perbelanjaan bebas mobil yang menarik, mulai dari butik mode ramah lingkungan hingga pasar yang kaya akan produk lokal. Untuk para pelancong yang gemar mengeksplorasi makanan dan jajanan yang lezat, jangan lupa untuk mampir ke salah satu dari banyaknya kafe dan restoran yang dapat ditemukan di setiap sudut kota. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi berbagai bir yang ditawarkan di sini karena Leuven merupakan rumah bagi Brewery Stella Artois yang legendaris dan terkenal.

Beragam destinasi liburan juga dapat dicapai hanya dengan mengendarai sepeda ataupun berjalan kaki yang tentunya sangat baik untuk kesehatan maupun tingkat kejernihan udara. Tidak hanya itu, kawasan ini dianugerahi sebagai “Destinasi Terbaik Eropa 2022” oleh European Best Destinations (EBD) dan EDEN Network, yang tentunya membuat kota ini menjadi destinasi ideal untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan bersama teman dan keluarga.

3/5 Amiens, Prancis

Mengeksplorasi arsitektur katedral yang indah atau sekedar duduk di perahu apung sambil menikmati pemandangan perkotaan yang tenang merupakan sedikit dari banyaknya hal yang bisa dilakukan di Amiens, Perancis. 

Berlokasi di tengah kota Paris, London, dan Brussels, Amiens adalah kota yang indah yang dianugerahi penghargaan sebagai kota terhijau ke-4 di Prancis. Sebagai satu-satunya kota Prancis yang memiliki tiga daftar warisan UNESCO dan didominasi oleh katedralnya yang megah, Amiens memiliki pesona tersendiri berkat arsitektur dan warisan alamnya yang menakjubkan. Kota ini juga menjadi sumber inspirasi novelis asal Prancis, Jules Verne, ketika ia menetap di sini pada tahun 1871. 

Amiens juga menawarkan sebuah surga hijau seluas 300 hektar di jantung kota yang dapat dijelajahi dengan berjalan kaki, bersepeda, perahu dayung hingga kayak. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Amiens, sebuah pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati dan juga menjadi rumah untuk berbagai spesies yang terancam punah dan dilindungi. 

Ketika sore hari, gunakanlah kereta wisata kecil atau kereta kuda untuk mengunjungi Saint-Leu, sebuah distrik bersejarah khas yang ditandai dengan rumah-rumah berwarna-warni. Di sini juga menjadi sebuah tempat ideal untuk mencicipi beberapa makanan khas lokal seperti ficelle picarde—sebuah hidangan dari Picardy, Prancis Utara, yang terdiri dari crêpe gurih yang diisi dengan jamur dan ham, yang kemudian ditutupi dengan saus keju atau béchamel.

4/5 Valletta, Malta

Valletta merupakan kota berukuran kecil yang berada di kawasan Malta dan menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa berkat sejarah serta arsitektur kotanya yang indah. Kota ini dibangun pada tahun 1566 dan terletak di antara pelabuhan yang alami. Akibatnya, itu telah menjadi kota warisan UNESCO selama bertahun-tahun.

Para pelancong yang menetap di kawasan ini akan menemukan katedral berlapis emas, rumah-rumah megah dengan dinding benteng, taman, gerbang kota, dan lebih banyak fitur kuno yang sangat cantik untuk dilihat maupun didokumentasikan. Berkeliling jalan-jalan di Valletta dengan berjalan kaki tentunya akan menjadi momen yang akan melekat di hati untuk waktu yang lama. Beberapa kegiatan terbaik yang bisa dilakukan di sini adalah berkeliling Grand Harbour, menikmati berbagai koleksi meriam bersejarah yang dibuka untuk umum, dan mengunjungi Saluting Battery untuk menikmati seremonial kuno Valletta yang memberikan penghormatan dengan menembakkan meriam. 

5/5 Athena, Yunani

Athena adalah kota yang terkenal dengan kekayaan sejarah yang dibawanya. Sejarah kuno ditampilkan di seluruh kota. Reruntuhan kuno ibu kota Yunani saat itu akan memberikan kenangan yang cukup melekat bagi para pengunjung.  Walaupun saat ini kota tersebut telah berkembang menjadi sebuah pusat kebudayaan yang modern, tetapi semua sejarahnya tetap terjaga.

Saat bepergian ke Athena, kunjungi kuil Parthenon yang dulunya dirancang dan dibangun untuk menghormati Dewi Athena, pelindung Athena sekitar abad ke-5 SM. Selain kota ini memiliki pantai indah untuk relaksasi di hari yang panas seperti Astir Beach dan Eden Beach, para pelancong juga dapat menyaksikan seni unik di jalanan setiap minggu atau saat hari raya berlangsung. Destinasi yang wajib dikunjungi adalah Stadion Panathenaic yang berdiri sejak 143 M. Stadion ini menjadi tuan rumah untuk Olimpiade pertama kalinya.