Dengan diapit oleh dua bandar udara internasional, biasanya Tokyo selalu menjadi tempat pemberhentian pertama dan terakhir untuk banyak traveller yang sedang berkunjung ke Jepang, tetapi kota satu ini masih lebih pantas dikunjungi daripada hanya sekedar untuk ‘pitstop.’ Tokyo tentunya memiliki sisi baik dan buruk untuk para pengunjungnya, seperti bersih, aman, dan sangat mudah untuk menyesuaikan namun kota ini juga ramai, dan mahal.

Selain itu, kota ini memiliki variasi yang tidak ada habisnya, mulai dari bangunan lama yang berdiri di samping bangunan modern tinggi dengan kaca yang besar, dan restoran modern mahal bersebelahan dengan restoran tradisional yang sudah melayani banyak pelanggan selama bertahun-tahun. Entah kamu tertarik dengan makanan, seni, olahraga, arsitektur, kehidupan malam, atau bahkan fashion, Tokyo selalu menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 5 alasan mengapa Tokyo merupakan tempat salah satu kota yang harus kamu kunjungi. 

Nikmati sistem transportasi publik terbaik di dunia

japan-1874458_1280.jpgfoto: pixabay.com

Banyak orang mungkin sudah mengetahui bahwa Jepang memiliki transportasi publik terbaik saat ini, namun tidak ada salahnya untuk merasakan reputasi yang dimiliki oleh transportasi publik Jepang ini Tanda-tanda di atas peron menandakan jelas dimana pintu akan dibuka, staff-staff dari shinkansen akan keluar siap untuk membantumu. Namun, yang pasti kamu akan tersesat dan kebingungan jika kamu ingin mengelilingi kota Tokyo, atau bahkan tersesat di stasiun Tokyo sendiri, tentunya itu bagian dari serunya merasakan sistem transportasi publik di Tokyo. Disarankan untuk tidak ke stasiun Shinjuku pada saat jam sibuk jika kamu tidak ingin kewalahan.

Tokyo adalah tempat yang paling beragam di Jepang

architecture-buildings-city-1344537.jpgfoto: pexels.com

Jepang terkenal sebagai negara yang homogen. Namun, di Tokyo kamu akan menemui banyak budaya lain yang dicampur dengan budaya Jepang. Kamu bisa ke Shin-Okubo atau dikenal sebagai Korea town, karena memiliki banyak jajanan khas Korea Selatan. Lalu, kamu bisa ke Nishi Kasai jika kamu ingin benar-benar merasakan kari India. Tidak jauh dari itu, ada Yokohama, Chinatown miliki Jepang.

Selain dari itu, kota Tokyo memiliki beragam budaya dalam satu kota. Mulai dari pub ala Inggris, hingga kafe dengan tema Jamaika. Kamu tentunya akan menemukan banyak campuran budaya lain dengan budaya Jepang di kota ini.

Untuk melihat tren terbaru di Jepang

buildings-business-busy-2407672.jpgfoto: pexels.com

Memang tidak mengejutkan lagi jika sebuah ibukota akan menjadi pusat utama untuk fashion dan desain. Mulai dari pakaian, desain interior, musik, hingga makanan-makanan yang instagrammable yang sangat canggih membuat banyak orang terkagum-kagum dengan ibukota ini.

Banyak distrik fashion yang bisa membuatmu terinspirasi dan juga bingung dalam satu perjalanan. Harajuku adalah pusat fashion yang kawaii dan dipenuhi dengan banyak subkultur lainnya. Kemudian ada Shinjuku, yang menjadi rumah untuk Bunka Fashion College, dan Shimokitazawa yang terkenal dengan retailer fashion independent, alternative, dan juga vintage. Tentunya, setelah dari Tokyo kamu akan menemukan banyak ide-ide yang bisa kamu terapkan untuk desainmu selanjutnya.

Untuk merasakan kuliner terbaik

architecture-asia-asian-950834.jpgfoto: pexels.com

Banyak orang melakukan perjalanan ke Jepang untuk merasakan makanannya yang authentic, di Tokyo, kamu bisa memulai wisata kuliner dengan jajanannya, Tokyo memiliki beberapa jalan yang terkenal dengan kios makanan yang enak. Kamu bisa ke Omoide Yokocho jika ingin merasakan banyak jajanan enak. Selain itu, kamu juga bisa ke Togoshi Ginzai yang juga terkenal dengan jajanannya. Lalu kamu bisa ke Takeshita Dori di Harajuku untuk merasakan crepes dan ice cream yang manis dan enak.

Untuk merasakan makanan yang tidak enak rasanya tidak mungkin di Tokyo, karena dari chef berkelas hingga kios makanan yang hanya menjual variasi ramen yang terbatas, kamu pasti akan selalu menemukan rasa yang membuatmu ketagihan.

Untuk melihat bangunan tua dan bangunan modern dalam satu malam

arches-architecture-bridge-2389171.jpgfoto: pexels.com

Tokyo memang terkenal dengan kota yang memiliki pemandangan futuristik, dengan gedung pencakar langitnya, transportasi publiknya yang super cepat, dan bahkan restoran yang dilayani dengan robot. Tapi di negara seperti Jepang, tidak mengejutkan jika ada hal-hal yang kuno didampingi dengan yang baru. Seperti warna-warna pastel dan fashion di Harajuku berdekatan dengan Meiji Jingu, kuli dari Emperor Meiji dan istrinya. Kemudian di Bunkyo, bangunan metal dan beton dari St Mary’s Cathedral hanya berseberangan dari oasis Chinzanso garden, yang memiliki pagoda berumur ribuan tahun.

Baca juga: Royal Treatment At The World's Paradise, Raja Ampat