Tekad Negeri Tirai Bambu untuk menjadi negara Artificial Intelligent (AI) tampaknya bukan rencana belaka. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai pembangunan kota futuristik, mulai dari Net City, Shenzhen Terrace hingga yang terbaru, Chengdu Future Science and Technology City.

Semakin padatnya sejumlah kota besar di Cina seperti Beijing dan Shanghai juga menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah di sana perlu mendirikan perkotaan baru. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menampung laju arus urbanisasi di masa mendatang.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pemerintah Tiongkok pun memilih sebuah kawasan dekat Kota Chengdu, Sichuan sebagai lokasi pembangunan kota satelit futuristik tersebut. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern berteknologi mutakhir dan juga lokasi yang dekat dengan alam, berikut adalah beberapa fakta mengenai kota modern ini.

Kota terintegrasi dengan berbagai fasilitas

1.jpgFoto dok: OMA

Mengusung tema futuristik, kehadiran Chengdu Future Science and Technology City tentunya harus menunjang segala kebutuhan. Hal ini didukung oleh berbagai fasilitas beteknologi mutakhir, mulai dari universitas, laboratorium serta berbagai gedung perkantoran modern.

Dirancang sebagai kota bebas polusi

2.jpgFoto dok: OMA 

Tidak hanya menampilkan berbagai fasilitas lengkap dan modern, polusi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam pembangunan kota ini. Untuk mejaga kelestarian lingkungan, seluruh bangunan bisa diakses dengan berjalan kaki. Soal ketersediaan transportasi umum, kota ini akan memanfaatkan kendaraan otonom sebagai moda transportasi yang akan mengantar warganya ke seluruh sudut kota.

Menyatu dengan alam

3.jpgFoto dok: OMA

Dirancang oleh Office for Metropolitan Architecture (OAM), desain kota ini terletak di daerah pedesaan, dekat dengan bandara baru Tianfu International Airport. Seperti terlihat dari foto di atas, bangunan didirikan dengan konsep modern bernuansa hijau. Membuat siapa saja yang nantinya tinggal di kota ini merasa dekat dengan alam. Selain itu, bentuk bangunan juga dibuat bertahap seperti terasering. Memberi kesan seperti sedang berada di tengah perbukitan hijau nan asri.

Bukan satu-satunya kota futuristik di Cina

4.jpgFoto dok: MRDRV.nl

Karena semakin banyaknya jumlah penduduk yang membanjiri di Beijing dan Shanghai, pemerintah China akan menjalankan program perkotaan tersebut di berbagai tempat. Tencent, salah satu perusahaan terbesar di China, juga akan membangun perkotaan futuristik yang akan disebut sebagai Net City, yang akan memfasilitasi para penghuninya dengan aktivitas sehat seperti berjalan baik, membangun ruang hijau, dan pemberian fasilitas transportasi ramah lingkungan. Pembangunan lainnya adalah Shenzen Terrace, kawasan mixed use yang dibangunan di Shimao Shenkong International Center, Shenzen, Tiongkok. Mengusung konsep modern, bangunan di kota ini dirancang dengan struktur terbuka dan melengkung yang akan berisi pusat konferensi, terminal bus, teater hingga perpustakaan.