f1e1b46c-2fb7-459d-a06b-81534590aa3b.jpgFoto dok: unsplash.com/ @tap5a

Salah satu negara Eropa Utara, Finlandia baru-baru ini sedang ramai dibicarakan di media sosial ketika menjadi tuan rumah Piala Sudirman 2021. Digelar pada 26 September hingga 3 Oktober 2021, pertandingan yang diadakan di kota Vantaa tersebut menjadi turnamen ke-17 sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Selain menarik perhatian para pecinta olahraga, Finlandia juga menjadi salah satu negara favorit para wisatawan dari segala penjuru dunia. Menawarkan pemandangan alam yang indah, bangunan bersejarah serta pengalaman gaya hidup Nordik yang menarik, ada berbagai destinasi serta aktivitas yang dapat dieksplorasi. Berikut ini lima destinasi rekomendasi kami di Finlandia yang wajib masuk ke dalam daftar liburanmu.

1/5 Pallas-Yllästunturi National Park

Taman Nasional Pallas-Yllästunturi merupakan taman nasional terbesar ketiga di negara Finlandia dan menjadi taman nasional paling populer. Taman ini mempunyai luas wilayah mencapai 1.020 km² dan berada di Muonio, Finlandia. Para wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik di kawasan ini seperti hiking, bersepeda, bermain ski, melihat pemandangan, dan masih banyak lagi.

2/5 Lake Saimaa

Terletak di Finlandia Tenggara, Danau Saimaa terbentang seluas 4.400 km persegi dan merupakan danau terbesar di negara ini serta terbesar keempat di Eropa. Memiliki pemandangan alam yang mekajubkan, danau ini terbentuk karena mencairnya gletser pada serratus tahun es. Kota utama di tepi danau ini adalah Lappeenranta, Imatra, Savonlinna, Mikkeli, Varkaus dan Joensuu. Sunga Vuoksi mengalir dari Saimaa ke Danau Ladoga. Tidak hanya itu, terdapat banyak pulau di danau ini dan terusan membagi danau kedalam beberapa bagian. Menciptakan pemandangan yang indah dan menawan.

3/5 Koli National Park

Taman Nasional Koli menghadap langsung ke Danau Pielinen, menjadikannya spot terbaik untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Pemandangan ini ditemukan oleh para pelukis pada abad ke-19 dan sejak itu telah dirujuk dalam banyak karya seni yang signifikan secara budaya. Danau itu sendiri terletak di Karelia Utara, yang berbatasan dengan Rusia di sebelah timur Finlandia. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan dari atas bukit tertinggi di Taman Nasional ini, yaitu Ukko-Koli. Spot ini juga merupakan tempat yang ideal untuk kegiatan luar ruangan dan hiking di musim panas – ada lift yang beroperasi sepanjang tahun. Di musim dingin, Ukko-Koli berubah menjadi resor ski untuk ski lereng tingkat lanjut, dengan lereng ski sepanjang 800-1.500m (2.600-4.920 kaki).

4/5 Santa Clause Village

Berlokasi di Rovaniemi di Lapland, Finlandia, Santa Claus Village adalah sebuah taman hiburan bagi anak-anak dan keluarga. Bernuansakan pedesaan, tempat ini menjadi spot liburan wajib pada saat musim Natal. Berbagai kegiatan seperti berbelanja, menginap hingga menghias pohon Natal merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Setelah lelah berjalan-jalan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan aurora di malam-malam tertentu.

5/5 Turku

Kota Turku di Finlandia barat daya merupakan kota tertua dan menjadi ibu kota negara tersebut hingga tahun 1812. Terletak di Teluk Bothnia, di muara Sungai Aurajoki, Turku terletak di daerah di mana penerus Viking Swedia mendarat di abad ke-12 dan berangkat untuk menaklukkan apa yang sekarang disebut Finlandia.

Dengan sejarah delapan abad, saat ini merupakan kota abad pertengahan paling tradisional di Finlandia, tetapi selain bangunan abad pertengahan yang luar biasa, kamu akan menemukan contoh Art Nouveau dan arsitektur modern, seperti Museum Sibelius, oleh Woldemar Baeckman. Sungai adalah titik fokus kota, dipagari dengan perahu bersejarah, beberapa di antaranya telah diubah menjadi restoran. Di musim panas, penduduk setempat berkumpul di sepanjang tepiannya di malam hari dan di musim dingin, itu menjadi arena seluncur es raksasa.

Di sisi timur laut sungai adalah pusat komersial dengan pusat perbelanjaan Kaupatori (alun-alun pasar) dan Gereja Ortodoks yang indah. Di seberangnya terdapat katedral abad pertengahan, yang ditahbiskan pada tahun 1290, menjulang di atas Old Great Square.  Bagunan ini adalah gereja batu bata besar dalam gaya Romawi Akhir dengan tambahan Gotik dan Renaisans dan menara besar setinggi 97 meter, yang mendominasi kota. Selama Festival Abad Pertengahan musim panas, ansambel bangunan bersejarah alun-alun tua mendapatkan kembali suasana abad pertengahan dengan kios kerajinan dan penjual makanan.