ragampost-majalengka-panyaweuyan-003.jpgFoto dok: ranselpro.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menunggu untuk dijelajahi. Bagi kamu para pecinta alam, Majalengka bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib masuk ke dalam daftar liburanmu. Kerap dijuluki sebagai Exotic Sundaland, ada berbagai hidden gems yang wajib kita eksplorasi di daerah ini. Berikut ulasannya.

1/5 Terasering Panyaweuyan 

Terletak di Desa Sukasarikidul Kecamatan Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Terasering Panyaweuyan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan hijau sejauh mata memandang serta udara sejuk dari pegunungan Ciremai membuat tempat ini sangat digemari para pengunjung. Selain dapat menyusuri perkebunan nan hijau, pengunjung juga dapat mengenal lebih jauh tentang budaya lokal dari para petani yang ramah. Jika kamu pecinta sunset atau sunrise, tempat wisata ini juga dapat dijadikan tempat berkemah. 

2/5 Situ Cipanten Majalengka

Setelah menikmati indahnya perbukitan, kamu juga bisa berkunjung ke wisata alam dengan panorama apik yaitu Situ Cipanten Majalengka. Obyek wisata yang terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang ini merupakan danau yang memiliki luas kurang lebih satu hektar.  Tak hanya itu, warna biru yang indah memikat mata ini ternyata berasal dari 7 sumber mata air yang membauat danau ini jauh dari kekeringan. Disana kamu bisa menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berenang dan juga kayaking.

3/5 Ciboer Pass Majalengka

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Ciboer Pass. Tempat ini merupakan daerah persawahan di mana kamu dapat melepas penat dari hiruk pikuk ibu kota dengan menginap di berbagai cottage yang tersedia. Selain menginap, kamu juga bisa menjelajahi serta menikmati pemandangan Gunung Ciremai ditemani dengan bermacam-macam hidangan lokal atau kopi hangat yang tersedia di café sekitarnya. Disini kamu juga bisa terjun langsung ke sawah untuk belajar menanam dan memanen padi, memandikan kerbau atau bercengkrama dengan petani.  Selain itu, karena letaknya di ketinggian 565 mdpl, tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk memicu adrenalin seperti body rafting di sungai terdekat berlatarkan pemandangan terasering serta udara yang sejuk.

4/5 Telaga Biru Cicereum

Tidak hanya gunung dan sawah, ternyata telaga juga bisa dijadikan tempat wisata apik. Terletak pada Desa Kadeula, Jawa Barat dan dekat dengan kota Cirebon, telaga ini sering dikunjungi karena pemadangannya yang jarang kita temui. Memiliki air yang jernih, telaga ini juga diisi dengan ikan-ikan yang tampak sangat jelas berenang di permukaan. Jika kamu pecinta fotografi atau suka untuk berfoto, tempat ini menghadirkan berbagai Instagrammable spot yang pastinya sangat disayangkan jika dilewati. Selain itu, kamu juga bisa berfoto menggunakan ayunan dan menapaki jembatan yang letaknya sangat dekat dengan telaga ini. Aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan adalah berenang atau menikmati keindahan danau dengan pool float.

5/5 Curug Ibun Pelangi

Jika kamu suka dengan kegiatan yang lebih ekstrem dan memacu adrenalin, kamu bisa berkunjung ke Curug Ibun Pelangi. Terletak di Desa Sukasari Kaler, air terjun ini menawarkan pemandangan indah yang menakjubkan. Untuk mencapai dua dinding batu yang mengapit air terjun ini, kamu harus menuruni banyak anak tangga dan melakukan perjalanan sekitar 30 menit.  Perjalanan yang cukup berbahaya ini akan terbayarkan ketika sampai, cahaya yang masuk dari sela-sela tebing ke dasar sungai ditemani oleh titik-titik air dari curug ini tentunya akan membuat kita tenang. Pelangi juga kerap muncul di antara tebing tersebut menciptakan momen tak terlupakan untuk menutup perjalanan kamu.