Bagi keluarga kerajaan Inggris, perhiasan bukan hanya sekedar untuk mempercantik penampilan, tetapi setiap batu permata dan desainnya memiliki arti tersendiri, baik secara politis, sebagai warisan turun-temurun maupun sebagai sebuah harta nasional. Berikut beberapa koleksi kerajaan, mulai dari anting-anting, kalung, cincin dan tiara yang memiliki nilai sejarah serta keindahan yang memukau.

1/8 The Four-Row Pearl Choker

1.jpgFoto dok: independent.co.uk 

Pada upacara pemakaman Pangeran Philip yang digelar di Kapel St. George, Sabtu (17/04), Kate Middleton tampak mengenakan sebuah kalung mutiara yang memiliki arti kuat bagi Ratu Elizabeth II dan mendiang suaminya. Didesain khusus oleh rumah perhiasan Garrard, kalung mutiara dengan empat string tersebut juga pernah dikenakan Kate pada pesta ulang tahun pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip yang ke-70 pada 2017 lalu.

Tidak hanya Kate, mendiang Putri Diana juga pernah terlihat mengenakan kalung tersebut pada jamuan makan di Istana Hampton untuk menghormati Ratu Beatrix dari Belanda pada November 1982.

Tidak diketahui secara pasti kapan Ratu Elizabeth memperoleh kalung tersebut. Namun, diperkirakan kalung ini diberikan oleh Pemerintah Jepang saat ia melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Negara Matahari Terbit tersebut pada tahun 1970an.

2/8 Cartier Halo Scroll Tiara

2.jpgFoto dok: tatler.com

Tiara yang dikenakan Kate Middleton pada hari pernikahannya merupakan sebuah perhiasan hadiah ulang tahun pernikahan untuk Elizabeth (Queen Mother) di ulang tahun pernikahannya dengan King George VI pada 1963 lalu. Queen Mother kemudian memberikannya pada Ratu Elizabeth II di ulang tahunnya ke-18. Terkenal dengan keindahannya, tiara tersebut juga bertahtakan lebih dari 1.000 berlian dan juga sering terlihat dikenakan oleh Putri Margaret.

3/8 Cambridge Lover's Knot Tiara

3.jpgFoto dok: townandcountrymag.com

Juga dikenal sebagai Queen Mary's Lover's Knot, mahkota bertatahkan berlian dan mutiara ini diberikan kepada Ratu Mary pada tahun 1913 ketika ia meminta seorang ahli perhiasan dari Inggris, Garrard untuk membuat replika dari sebuah tiara milik neneknya, Princess Augusta dari Hesse-Kassel. 

Tiara tersebut pun diwariskan pada Ratu Elizabeth, lalu diberikan kepada Putri Diana ketika ia menikah dengan Pangeran Charles. Pada tahun 1996, tiara tersebut dikembalikan pada Sang Ratu saat Putri Diana bercerai. Saat ini, tiara tersebut menjadi salah satu koleksi perhiasan anggota kerajaan paling bersejarah dan juga menjadi favorit Kate Middleton, yang seringkali meminjamnya untuk beberapa kesempatan.

4/5 Girls of Great Britain and Ireland Tiara

4.jpgFoto dok: Express.co.uk

The Girls of Great Britain and Ireland adalah mahkota yang paling sering dikenakan oleh Sang Ratu, bahkan potretnya pun terpampang secara abadi pada mata uang Inggris. Tiara tersebut merupakan sebuah hadiah yang diberikan Ratu Mary (nenek dari Ratu Elizabeth), dan menjadi perhiasan pertama yang ia miliki sendiri.

Tiara tersebut awalnya merupakan sebuah hadiah pernikahan untuk Ratu Mary ketika menikah dengan Duke of York, yang kemudian menjadi George V pada tahun 1893. Dari para perempuan Britania Raya dan Irlandia, dan diberikan oleh Lady Eve Greville.

5/5 Princess Diana's iconic sapphire diamond

5.jpegFoto dok: Oprah Daily 

Pada tahun 2011, cincin berlian sapphire yang dikenakan Kate Middleton saat dirinya dilamar oleh Pangeran Willian langsung memikat perhatian dunia. Bertahtakan emas putih, cincin dengan oval cut tersebut dulunya merupakan cincin milik mendiang Putri Diana yang ia pilih sendiri untuk pertunangannya dengan Pangeran Charles.

6/8 The Belgian Sapphire Tiara

6.jpegFoto dok: Louis Miguel Howard Jewellery 

Tiara bertabur batu safir serta cincin dan kalung dengan desain senada merupakan salah satu perhiasan paling berharga milik Ratu Elizabeth. Perhiasan tersebut kabarnya merupakan sebuah hadiah pernikahan dari ayahnya, George VI dan bersal dari era Victorian. Dibeli pada tahun 1963, nama dari perhiasan ini juga berasal dari pemilik aslinya, yaitu Putri Louise dari Belgia.

7/8 The Queen Mary Diamond Bandeau Tiara

7.jpegFoto dok: Brides.com

Tiara bermodel bando yang dikenakan oleh Meghan Markle pada hari pernikahannya tersebut dirancang oleh Garrard pada tahun 1925 untuk nenek Sang Ratu, Queen Marry. Pada bentuk aslinya, tiara tersebut memiliki sebuah batu safir pada bagian tengahnya, namun kemudian diganti dengan sebuah berlian. Sebelumnya, tiara ini juga pernah dikenakan oleh adik kandung Ratu Elizabeth, Putri Margaret.

8/8 The Lotus Flower Tiara

8.jpgFoto dok: people.com

The Lotus Flower dibuat pada tahun 1920-an dari sebuah kalung pemberian Raja George V pada Queen Mother yang dibongkar. Ia memberikannya pada Putri Margaret untuk pernikahannya dengan Earl of Snowdon pada tahun 1959. Ketika Margaret meninggal, tiara tersebut kemudian diwariskan pada Sang Ratu dan saat ini, Kate Middleton juga sering terlihat mengenakannya.