Seiring dengan penayangan film berjudul “No Time to Die” yang baru-baru ini di rilis, James Bond kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Tidak hanya dikenal dengan aksi menawannya, pemeran agen rahasia asal Inggris juga kerap menyita perhatian dengan berbagai jam tangan yang dikenakan. Berikut ini lima jam tangan mewah dan ikonik dalam film James Bond dari masa ke masa.

1/5 Omega Seamaster Diver 300M 007 Edition

Seamaster Diver 300m 007 Edition dibuat Omega untuk "menemani" aksi Daniel Craig yang memerankan karakter James Bond di film No Time No Die. Arloji ini memiliki cangkang besar 42 mm, disertai material atau sinar luminescent berwarna cokelat pasir untuk menegaskan kesan militer. Simbol panah di atas indikator angka 6 mengacu pada lambang yang digunakan untuk menandai properti pemerintah Inggris. Simbol panah itu juga dihadirkan di cangkang belakang, bersama angka 62 yang merujuk pada tahun peluncuran film Dr No yang dibintangi Sean Connery.

2/5 Rolex Submariner

22.jpg Foto dok: rolexmagazine.com

Pada tahun 2018, Rolex Submariner yang dikenakan oleh aktor pemeran James Bond, Timothy Dalton dalam film “A License to Kill” ditawar pada sebuah pelelangan dengan harga sekitar 80.000 dolar AS – 120.000 dolar AS (Rp 1,1 miliar – 1,6 miliar). Tidak hanya itu saja, film ini juga merupakan film terakhir dimana pemeran agen rahasia mengenakan Rolex.

3/5 Breitling Top Time

Top timr.jpgFoto dok: Allstar / United Artists

Pada film  James Bond berjudul “Thunderball” di tahun 1965, Sean Connery mengganti Rolex Submariner-nya ke Breitling Top Time setelah Q, yang diperankan oleh Desmon Llewelyn, memberinya arloji tersebut. Arloji tersebut menghilang hingga tahun 2013 silam ketika seseorang membeli prop asli seharga 35 dolar AS di pasar loak Inggris. Jam tersebut kemudian berhasil dilelang dengan harga ribuan dolar AS.

4/5 Omega Seamaster

brosnan.jpgFoto dok: spotern.com

Pada film “The World Is Not Enough” di tahun 1999, Pierce Brosnan memburu seorang mantan agen KGB yang berubah menjadi teroris yang berencana untuk meledakkan perangkat nuklir. Q mendesain Omega Seamaster Diver 300M secara khusus untuk event tersebut. Dilengkapi dengan pengait grappling ringan dan miniatur yang kuat yang dipasang pada mikrofilamen sepanjang 15 meter yang cukup kuat untuk menopang 360kg.

5/5 Seiko Ref 0674 5009

Seiko.jpg

Jam tangan Seiko menghiasi pergelangan tangan Roger Moore dalam film “The Spy Who Loved Me”, yang secara mengesankan menyampaikan pesan penting kepada Bond melalui ticker tape yang berbunyi: “007 berikan melapor ke kantor pusat. Segera. M”