Berbagai produk kecantikan yang ada di pasaran memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya saja body oil yang khusus untuk tubuh, maka tidak disarankan penggunaannya untuk bagian wajah. Bila dipaksakan, bisa jadi minyak tersebut justru menyumbat pori-pori, karena sifat kulit di tubuh dan muka memang berbeda. 

Namun ada juga produk yang bisa diaplikasikan dengan untuk berbagai bagian tubuh namun secara ‘marketing’ tidak disebut demikian. Misalnya saja face oil yang bisa diaplikasikan ke batang rambut. Untuk memastikan face oil tadi bisa menghasilkan tekstur rambut yang diharapkan, cek saja kandungan face oil tersebut. 

Bila ingin tampilan rambut yang lebih ringan, cari face oil yang mengandung almond oil atau moringa oil. Sementara yang berambut kering bisa mencoba argan oil dan marula oil yang mampu meresap lebih ke dalam batang rambut untuk memberikan nutrisi. 

Hal yang perlu diingat, pengaplikasian face oil hanya bisa di batang rambut, tidak di akar rambut yang akan mengenai permukaan kulit kepala. 

Satu hal yang pasti, jangan berharap kalau memakai face oil di rambut akan menghidrasi batang rambut. Tenang saja, ini hanya soal penggunaan istilah. Ingat, hidrasi berarti penyerapan air, sementara minyak tentu saja memiliki sifat yang berbeda dengan air. 

Berikut adalah rekomendasi dari Tatler Indonesia untuk face oil yang salah satu bahan bakunya memiliki kandungan fungsional bagi rambut.  

1/4 The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil

Kandungan: Argan oil

The Ordinary.jpg

Foto: Dok. cultbeauty.com

 2/4 The Body Shop Drops of Youth Concentrate

Kandungan: Moringa Oil

TBS.jpg

Foto: Dok. www.thebodyshop.com

3/4  Pura D’or Vitamin E 

Kandungan: Almond oil  

Pura.jpg

Foto: Dok. www.purador.com

 4/4  Drunk Elephant Virgin Marula Luxury 

Kandungan: Marula oil 

Drunk.jpg

 

Foto: Dok. cultbeauty.com