SD7XaAW7TryMEgomC5kNBm.jpgFoto dok: cyclingnews.com

Tak bisa bersepeda di luar rumah? Hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena lima aplikasi virtual indoor cycling ini akan mengobati kerinduanmu. Dilengkapi dengan berbagai macam training session yang unik dan menarik, kamu pun dapat dengan mudah melakukan olahraga bersepeda secara menyenangkan di rumah. 

1/5 Zwift

Siapa bilang bersepeda di dalam rumah tidak menyenangkan? Di masa PPKM seperti saat ini, beraktivitas di luar rumah tidak dapat dilakukan dan untuk mengobati kerinduanmu akan outdoor cycling, aplikasi Zwift bisa menjadi jawaban yang tepat. Untuk menikmatinya, kamu hanya tinggal menyambungkan aplikasinya ke televisi untuk mendapatkan sensasi bersepeda layaknya di luar rumah. Dengan aplikasi ini kamu bisa merasakan betapa serunya bersepeda di pegunungan Alpen, di tengah kota Inggris dan juga di berbagai tempat indah lainnya. Sama seperti aplikasi bersepeda konvensional, kamu juga bisa memperoleh statistik dan menganalisis performamu. Untuk mengakses seluruh fitur kamu harus melakukan upgrade dengan harga $14,99 per bulan. Namun harga tersebut juga bervariasi di setiap negara.

2/5 Rouvy

Aplikasi indoor cycling selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Rouvy. Dilengkapi dengan lebih dari 4.000 video geolokasi, kamu bisa merasakan sensasi bersepeda di luar ruangan berkat teknologi augmented reality yang ditanamkan. Saat mengenakan aplikasi kamu akan akan mendapatkan statistik serta analisis yang kamu butuhkan dan kamu pun bisa mendesain avatar serta sepeda sesuai keinginanmu. Sekedar informasi tambahan, aplikasi Rouvy baru saja dirilis pada Februari tahun lalu dan tersedia di Apple Store maupun di Google Play Store. Bagi kamu yang ingin mencoba, aplikasi ini juga menyediakan 14 days free trial dan setelahnya kamu cukup membayar 10 dolar AS per bulan.

3/5 The Sufferfest

Pada awalnya, The Sufferfest dimulai sebagai serangkaian video unduhan tunggal yang dijahit bersama oleh sang pendiri, David McQuillen di waktu luangnya. Selain menghadirkan rekaman balapan UCI (Union Cycliste Internationale), berbagai video juga dilengkapi dengan musik serta alur cerita yang dibalut dengan humor. Beberapa tahun kemuian, The Sufferfest diubah menjadi sebuah aplikasi yang menawarkan rangkaian pelatihan lengkap untuk pelatihan bersepeda, lari, kekuatan dan mental serta sesi yoga. Aplikasi ini juga mengkompilasikan seluruh rencana pelatihan atau workouts yang mudah diikuti di rumah.

Sebagian besar aplikasi pelatihan mendasarkan intervalnya dari FTP. Namun, The Sufferfest mengambil langkah lebih jauh menggunakan 4DP yang memperhitungkan neuromuskular, kapasitas anaerobik, dan ambang batas untuk menyesuaikan latihan dengan fisiologi pengguna dengan lebih baik. Alih-alih menggunakan threshold test 20 menit, The Sufferfest menggunakan tes kebugaran yang disebutnya Full Frontal, yang dikembangkan oleh Neal Henderson (yang telah melatih orang-orang seperti Rohan Dennis dan Evelyn Stevens), untuk menguji nilai-nilai suprathreshold ini. Setelah diuji, mereka secara otomatis diterapkan ke semua latihan di katalog The Sufferfest.

4/5 FulGaz

Mengusung konsep “less virtual, more reality”, aplikasi ini menghadirkan rekaman perjalanan nyata dan advanced physics modelling yang canggih. Tidak hanya menyesuaikan resistensi berdasarkan apa yang terjadi di layar, rekaman video pada aplikasi ini juga akan bereaksi terhadap gerakkan pengguna. Dengan rekaman 4k yang difilmkan dari handlebars, aplikasi ini menggunakan data elevasi nyata untuk mengontrol smart trainer agar sesuai dengan apa yang dilihat di layar, juga memperhitungkan berat dan kekuatan pengguna untuk menyesuaikan kecepatan rekaman. Pada saat penulisan, ada 596 rute mulai dari Alpe D'Huez yang terkenal, hingga Sunshine Canyon di luar Boulder Colorado. FulGaz juga baru-baru ini menambahkan perpustakaan latihan dan kemampuan untuk mengimpor sesi khusus dari TrainingPeaks atau Today’s Plan.

5/5 BKool

Aplikasi BKool Cycling menawarkan empat jenis sesi, yaitu rute, latihan, belodrome dan FTP test. Mirip dengan aplikasi lain yang menawarkan real rides, resistensi disesuaikan agar sesuai denga napa yang pengguna lihat di lay. Semakin cepat kamu mengayuh, semakin cepat rekaman video diputar. Tidak hanya itu saja, kamu pun juga dapat memilih untuk berkendara dalam first-person view atau 3D avatar atau bahkan tampilan peta. Dengan kamera dan file GPX, kamu pun dapat membuat rute cerdas, dengan aplikasi yang mereplikasi kondisi berkendara di dunia nyata dalam versi digital. Dengan opsi untuk berkendara dengan avatar, BKool juga menambahkan aspek sosial, memperkenalkan liga dan tantangan yang berlangsung sepanjang tahun.