sunset-1815991_960_720.jpg

Terkadang, saat kita terlalu sibuk dengan segala urusan yang mendesak—baik itu tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan—kita jadi lupa untuk merawat diri sendiri. Padahal, merawat diri sendiri sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri kita. Berikut lima buku self-care untuk memandumu merawat diri dengan lebih baik.

The Self-Care Project – Jayne Hardy

41dcY4iPs0L._SX373_BO1,204,203,200_.jpg

Foto: Amazon

Buku ini melawan stigma bahwa self-care itu "egois" dan sebaliknya mengatakan bahwa merawat diri sendiri itu penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Jayne Hardy, yang merupakan founder dan CEO dari The Blurt Foundation, sebuah badan amal untuk kesehatan mental, tahu benar akibatnya jika seseorang tidak peduli dengan self-care. Hardy mengatakan bahwa self-care adalah bentuk dari rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, yang berarti menjadi hyper-aware mengenai apa yang kamu rasakan untuk membuat keputusan tepat demi kebaikan diri sendiri. Buku ini akan membantumu untuk mengevaluasi kembali segala kebutuhanmu.

Take a Moment – Mind 

61TF3NOWcoL.jpg

Foto: Amazon

Buku saku ini menyajikan panduan-panduan menarik mengenai cara mengelola stres dan kecemasan dengan metodemu sendiri, atau cara menemukan hal-hal sederhana yang baik untuk kesejahteraan diri. Buku ini juga memberikan berbagai macam latihan yang bisa kamu lakukan di mana saja, seperti latihan pernapasan, latihan untuk memfokuskan pikiran, hingga latihan fisik seperti stretching atau doodling untuk membantu kamu menenangkan pikiran.

Self-Care for the Real World – Nadia Narain & Katia Narain Phillips

34350998._SX318_.jpg

Foto: Amazon

Buku ini sangat cocok untuk membiasakan self-care hingga direkomendasikan oleh artis ternama Kate Moss yang berkata, “Saya ingin memberikan buku ini ke semua orang yang saya kenal!” Ditulis oleh dua bersaudara Nadia Narain dan Katia Narain Phillips, buku ini membahas dengan dalam dan instruktif mengenai hal yang harus dilakukan demi kebaikan diri sendiri dalam keadaan apa pun. Kamu bisa temukan panduan yang spesifik, seperti “Self-care for social media” dan “What to do when you’re heartbroken”. Berbagai macam aspek lain juga bisa kamu temukan di buku ini, seperti fotografi bernuansa terang serta panduan yoga.

The Little Book of Self-Care - Mel Noakes

51wpUaQYZhL.jpg

Foto: Amazon

Buku saku ini ditulis oleh Mel Noakes, pelatih kesehatan dan ahli self-care yang terkenal di Inggris. Buku ini dimulai dengan pengalaman gangguan mental yang pernah ia alami: menderita gangguan makan, rasa percaya diri yang rendah, dan kurangnya self-care, hingga akhirnya ia belajar bagaimana merawat dirinya sendiri dengan baik. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian—Mind, Body, Life—memberikan panduan tentang bagaimana melatih pikiran agar bisa lebih fokus dan positif, menjaga nutrisi dan memasukkan aktivitas fisik dalam keseharianmu, serta bagaimana menjaga pertemanan dan mendekati alam sekitar.

The Self-Care Revolution – Suzy Reading

61WT7xqkQeL.jpg

Foto: Amazon

Buku yang lugas ini ditulis oleh Suzy Reading, psikolog dan guru yoga yang juga pernah mengalami depresi pascapersalinan, kelelahan, dan kesedihan ketika ayahnya sakit parah. Informatif dan didukung dengan penelitian mendalam, The Self-Care Revolution dapat menjadi panduan yang handal bagi kamu yang ingin merawat diri secara menyeluruh. Dalam buku ini, Suzy menjelaskan konsep “Vitality Wheel” yang memaparkan “Eight Avenues of Nourishment”, di antaranya yaitu tidur, istirahat, relaksasi dan pernapasan, olahraga dan nutrisi, serta coping skills.

 

 

 

 

Tags: Wellness, Mental Health, Buku, Kesehatan Mental, Self-Care