Tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, kelima tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Jadwal pekerjaan yang padat dan juga aktivitas yang terasa tak ada hentinya bisa meningkatkan stres dan juga kecemasan, terlebih lagi di masa pandemi ini. Mulai dari bunga Melati, Chamomile hingga Lidah Buaya, berikut ini adalah 5 tanaman yang dapat membantu menenangkan pikiran yang lelah.

1/5 Palem Kuning

Palem Kuning.jpgFoto dok: Pinterest.com 

Selain mudah ditemukan, tanaman Palem Kuning juga dapat mempercantik ruangan karena ukurannya yang cukup besar. Tanaman yang sering kita jumpai di komplek perumahan ini juga memiliki berbagai manfaat seperti menyaring racun berbahaya pada udara, menurunkan tingkat kecemasan dan menurunkan tekanan darah. Tanaman ini juga sangat baik ketika diletakkan dalam ruangan meditasi untuk meningkatkan kondisi mental serta fisik dan menghasilkan udara jernih ketika bekerja atau bermeditasi.

2/5 Bunga Melati

melati.jpgFoto dok: Rumahkuunik.com

Tidak hanya dapat ditanam di pekarangan rumah, bunga melati pun cukup mudah dirawat sebagai tanaman hias. Aroma harum dan segar dari bung aini juga mampu mempengaruhi reaksi kimia pada otak atau sistem saraf pusat yang dikenal sebagai GABA, dimana ketika dihirup akan menenangkan saraf, mengurangi kecemasan serta depresi ringan.

3/5 Chamomile

chami.jpgFoto dok: Thespruce.com

Sering dipadukan dalam minuman teh, Chamomile adalah salah satu tanaman indoor penghilang stres terbaik untuk diletakkan di rumah maupun kantor. Selain memiliki bunga yang cantik, Chamomile juga berkhasiat untuk meredakan sakit perut, serta mampu mendetoksifikasi tubuh dengan meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan.

4/5 Lidah Buaya

Lidah Buaya.jpgFoto dok: beardsanddaisies.co.uk

Aloe Vera, atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya, merupakan salah satu tanaman favorit para penggemar tanaman indoor. Memiliki berbagai fungsi yang mampu meningkatkan kesehatan, lidah buaya dipercaya membantu mengurangi radiasi berbahaya dari perangkat elektronik, memproduksi lebih banyak oksigen dalam ruangan, serta menjadi pembersih udara alami yang membantu mengurangi kecemasan dan stres dengan memberikan udara segar untuk dihirup.

5/5 Kemangi

Kemangu.png Foto dok: Pixabay/ @ Karolina Grabowska 

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, daun kemangi juga memiliki sifat anti-stres yang dapat membantu mengurangi level kecemasan. Zat adaptogen yang terkandung dalam kemangi berfungsi untuk membantu tubuh beradaptasi dengan stres secara natural. Itulah sebabnya memiliki tanaman kemangi di dalam ruangan rumah atau bilik kantor dapat meningkatkan kejernihan mental. Terlebih lagi, tanaman multifungsi ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan sakit maag, gigitan serangga, dan sakit tenggorokan.