Sebentar lagi kita akan menyambut akhir tahun dengan berbagai perayaan meriah. Namun, untuk mengurangi sampah plastik ada berbagai solusi kreatif yang dapat kamu terapkan guna menjaga lingkungan tanpa mengurangi esensi dan kemeriahan perayaan. Mulai dari dekorasi hingga menu hidangan, berikut lima solusi mudah untuk perayaan akhir tahun yang ramah lingkungan.

1/5 Gunakan paper bag atau tas bahan sebagai bungkus kado

gift.jpgFoto dok: unsplah.com/ @kadh

Tahun ini kita akan banyak sekali membeli dan menerima kado. Untuk tetap menjaga lingkungan, hindari penggunaan kertas kado yang sulit di daur ulang dan gunakan paper bag atau tas bahan sebagai gantinya. Jika kamu menerima kado dari keluarga terdekat, sahabat atau orang-orang tercinta, kamu dapat menyimpan kertas tisu, plastic bag dan wrapping paper-nya untuk digunakan kembali saat membungkus kado lainnya.

Untuk solusi kreatif yang lebih mudah, kamu pun dapat mencoba teknik “furoshiki” yang sangat populer dipraktikan di Jepang dengan menggunakan kertas daur ulang dan kain untuk membungkus kado.

2/5 Second-hand dan eco-friendly gifts

second gift.jpgFoto dok: unsplah.com/ @artcoastdesign

Second-hand gifts tidak selalu berkualitas rendah. Saat ini, kamu dapat mengunjungi berbagai toko online untuk mendapatkan barang second-hand dengan kualitas yang mumpuni. Selain itu, kamu juga dapat memberikan berbagai kado ramah lingkungan seperti eco-hampers, botol minum, zero-waste to-go kit atau tanaman.

3/5 Plant-based menu

plant based.jpgFoto dok: unsplash.com/ @louishansel 

Tahun ini ganti menu hidangan perayaanmu dengan makanan sehat ramah lingkungan. Selain mudah di buat di rumah, kamu juga dapat mengkreasikan berbagai bahan makanan mulai dari sayur, kacang-kacangan hingga buah-buahan. Untuk inspirasi memasak, kamu dapat melihat berbagai kreasi menu sehat di sini.

4/5 Gunakan alat makan ramah lingkungan

table decor.jpgFoto dok: unsplash.com/ @krakenimages

Bila ingin mengadakan pesta makan malam bersama keluarga, gunakan alat makan berbahan kertas yang dapat didaur ulang atau silverwares. Hindari menggunakan piring kertas, sendok dan sedotan plastik sekali pakai karena dapat menambah jumlah sampah. Piring plastik berkualitas baik ramah anak juga dapat dicuci dan digunakan berulang-ulang. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan sampah.  

5/5 Gunakan bahan daur ulang untuk mendekorasi rumah

dekorasi.jpgFoto dok: unsplash.com/ @micheile 

Hindari penggunaan plastik untuk mendekorasi rumah pada saat perayaan Natal dengan bahan yang dapat didaur ulang seperti kertas atau boneka yang terbuat dari kain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti ranting, pine cones maupun bunga segar. Untuk menambah kemeriahan, kamu juga dapat menggunakan lampu LED yang dapat menghemat listrik hingga 90 persen. Pastikan lampu ini dimatikan saat sedang tidak dibutuhkan.