Menjaga kesehatan sama pentingnya dengan berinvestasi. Sebab kesehatan sangatlah mahal harganya dan menjaganya pun memerlukan konsistensi. Kita semua tahu bahwa berolahraga terbukti efektif untuk meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kebugaran. Namun, ada baiknya jika aktivitas tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan mental kita.

Di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah, kegiatan di luar rumah pastinya harus dibatasi dan tak dapat dipungkiri bahwa rasa lelah dan bosan tak dapat dihindarkan. Jika kamu ingin melakukan olahraga sambil berelaksasi serta menenangkan pikiran, berikut lima olahraga yang dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah.

1/6 Yoga with pets

Yoga.jpgFoto dok: healthkadose.com

Yoga has long been popular in the health and fitness industry and what could be better than doing it with your furry friends? Bukan rahasia lagi jika berolahraga dapat meningkatkan hormon endorphin yang bisa membuat kita lebih rileks dan hal tersebut juga bisa kita rasakan ketika sedang menghabiskan waktu dengan hewan peliharan di rumah. Untuk pengalaman berolahraga yang menyenangkan, kamu bisa mengajak hewan perliharaanmu untuk berolahraga bersamamu.

2/6 Pilates

Pikates.pngFoto dok: Fitness First

Pilates dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan otot tubuh. Mirip seperti yoga, pilates juga menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa dalam gerakkannya. Dengan prinsip pernapasan, relaksasi, konsentrasi dan kesadaran tubuh, pilates juga dapat mengurangi stres, memfokuskan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Sejatinya kamu dapat melakukan pilates di rumah, namun para profesional menyarankan agar kamu mengambil kelas dengan instruktur untuk mengurangi risiko cedera dan gerakan yang salah. Kendati demikian, ada beberapa gerakan mirip dengan pilates yang dapat dengan mudah kamu praktikan di rumah seperti criss cross, teaser, leg raise dan hundred.

3/6 Swimming

swim.jpgFoto dok: bandquatics.com 

Jika kamu sedang tidak ingin melakukan olahraga yang intense, maka berenang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Biarkan dirimu terbenam di dalam air dan gerakkan tubuh serileks mungkin. Selain mampu meredakan stress, berenang juga dapat mengalihkan pikiran kita dari masalah yang sedang dialami. Cobalah berenang di pagi hari sebelum sarapan atau di sore saat matahari terbanam.

4/6 Zumba

Zumba.jpgFoto dok: very well fit

Zumba adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Bergerak mengikuti music dapat melepaskan hormone endorphin, terutama saat kamu melakukannya di rumah bersama dengan keluarga. Selain dapat meningkatkan daya tahan otot tubuh, Zumba juga efektif untuk meningkatkan mood sehingga membantu melepaskan stress. Lakukan secara rutin 3 sampai 5 kali dalam seminggu selama 30-45 menit dan kamu akan merasakan manfaatnya.

5/6 HIIT

HIIT.jpegFoto dok: onlymyhealth.com 

Latihan intensitas tinggi memiliki reputasi untuk meningkatkan tingkat stres, karena lonjakan kortisol dan adrenalin, tetapi ketika kamu menjadi lebih aktif, tubuhmu akan dapat dengan mudah beradaptasi dengan setiap gerakkan yang intens sehingga ketahanan tubuh akan semakin meningkat. Olahraga ini juga mampu mendukung strategi stress coping dalam kehidupan sehari-hari.

6/6 Jalan santai

7c4feeba-6db2-4909-a3a4-3fa34b19ca11.jpgFoto dok: insider.com

Selain jogging, jalan santai atau jalan cepat juga merupakan olahraga penghilang stres yang menyenangkan dan paling mudah dilakukan. Baik jalan santai maupun jalan cepat, dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan menjadi lebih baik.
Selain itu, jalan santai juga dapat memanjakan mata. Kamu bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman rumahmu dan menikmati hangatnya sinar matahari pagi.
Untuk memulainya, lakukan jalan santai setidaknya 10 menit setiap dua kali dalam seminggu. Lakukan secara bertahap. Jika sudah terbiasa, disarankan untuk melakukannya selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.