Belum lama ini, aktris Amerika Dakota Johnson baru saja meluncurkan podcast bertajuk The Left Ear untuk menyebarkan pengalaman para korban pelecehan seksual.

Hal ini bermula dari satu tahun yang lalu, ketika Dakota memberikan sebuah nomor telepon dan meminta semua wanita di seluruh dunia untuk mengirim voicemail dan menceritakan kisah mereka mengenai pelecehan seksual.

1.jpg

Sumber: Instagram Dakota Johnson

Sekarang, kumpulan voicemail yang diterimanya telah diubah ke dalam bentuk podcast. Kisah-kisah tersebut tidak akan berubah, namun bentuk identitas apapun akan dihilangkan dan suara-suara korban akan diubah untuk melindungi mereka.

The Left Ear sendiri bertujuan sebagai tempat di mana orang-orang bisa mendengar tanpa menghakimi dan sebagai tempat perlindungan dan penyembuhan untuk para korban pelecehan seksual yang telah membagikan kisah mereka, seperti yang tertulis di situs resminya.

2.jpg

Sumber: Instagram Dakota Johnson

Dilansir dari unggahan di akun Instagram miliknya, Dakota mengungkapkan kalau mendengar podcast ini bisa sangat intens. Oleh karena itu, para pendengar harus berhati-hati ketika memutuskan untuk mendengarnya.

Meski begitu, Dakota tetap berharap orang-orang akan mendengarkan podcast tersebut, karena menurutnya, mendengarkan adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk seseorang. 

Hal ini juga berhubungan dengan judul dari podcast yang dibuatnya. Dalam unggahan yang sama, Dakota menulis bahwa telinga kiri adalah telinga yang paling dekat dengan jantung, dan dari mendengarkan dengan sepenuh hati, seseorang dapat menyelamatkan orang lain meski hanya sedikit. 

Saat ini, The Left Ear sudah memiliki lima episode yang dapat didengarkan di situs theleftear.com. Situs ini juga menyediakan cara-cara untuk menenangkan kondisi kejiwaan dan berbagai hotline yang relevan bagi yang merasa terpicu atau tertekan.

Baca juga: Mental Health: 5 Ways To Develop Empathy With People You Don’t Like

Tags: The Left Ear, Dakota Johnson, Pelecehan Sexual, Podcast