crystal healing.jpgFoto dok: pixabay.com/@gabbyConde

Apa itu crystal healing? 

Crystal healing adalah sebuah teknik penyembuhan alternatif, meditasi, mental dan intuisi yang mengarah pada psikis seseorang. Seperti namanya, crystal healing menggunakan batuan berjenis kristal sebagai medium penyembuhan.

Berdasarkan penelitian, crystal healing memiliki efek Piezoelektrik dan Piroelektrik yang bersifat saling mempengaruhi dengan vibrasi energi dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami gangguan, energi kristal tersebut lah yang dapat membantu menstabilkan kembali energi tubuh.

Cara penyembuhan crystal healing

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam penyembuhan crystal healing. Pertama, dengan meletakkan kristal tersebut di 7 titik chakra seperti jantung, seks, ajna, tenggorok, solar plexus dan mahkota. Sementara cara kedua yang belakangan ini marak dilakukan adalah dengan merendamnya ke dalam air minum, digenggam atau diletakkan didekat tubuh ketika beraktivitas.  

Merupakan teknik penyembuhan kuno

Dikutip dari crystalhealingindonesia.com, beberapa suku kuno seperti suku Aztec, Egypt dan maya menggunakan kristal sebagai sarana penyembuhan dimana hampir semua raja dan bangsawan pada masa itu menggunakan kristal untuk keperluan guidance, penguatan mental dan spiritual serta healing.

Berbagai cara pengaplikasiannya cuga bermacam-macam seperti digunakan saat meditasi, dipasangkan di mahkota raja sebagai perhiasan, digunakan untuk parfum hingga dihancurkan menjadi bubuk kristal untuk dibubuhkan pada luka.

Crystal healing dan manfaatnya

1/5 Rose Quartz

Rose.jpgFoto dok: stock.adobe.com

Sesuai dengan warnanya yang indah, kristal rose quartz dipercaya mampu membantu memulihkan kepercayaan diri dan harmoni dalam semua jenis hubungan sekaligus mampu meningkatkan keharmonisan. Rose quartz juga diklaim dapat membantu memberikan kenyamanan dan ketenangan selama masa kesedihan. Selain itu, kristal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa cinta, kepercayaan, hormat dan nilai dalam diri seseorang. Umumnya rose quartz juga banyak ditemukan pada berbagai alat kecantikan seperti face roller dan gua sha.

2/5 Amethyst

amethyst.jpgFoto dok: unsplash.com/@samuraig 

Batu berwarna ungu yang indah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi, memurnikan dan menyembuhkan. Selain dapat mengilangkan pikiran negatif, amethyst juga diklaim dapat menghilangkan insomnia, mimpi buruk hingga menghasilkan energi ketulusan dan kebijaksanaan spiritual. Batu ini juga dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon, membersihkan darah, dan menghilangkan rasa sakit dan stres.

3/5 Sapphire

sapphire.jpgFoto dok: unsplash.com/@rose_wluv 

Melambangkan kebijaksanaan, batu sapphire dipercaya dapat menarik kebahagiaan, kedamaian dan kemakmuran. Saat dikenakan, batu safir diklaim dapat meredam segala sisi negatif, rasa takut yang tidak beralasan serta depresi dan kegelisahaan.

4/5 Ruby


ruby.jpg Foto dok: cnn.com

Jenis crystal healing selanjutnya adalah batu ruby yang dipercaya mampu membantu mengembalikan vitalitas dan tingkat energi pada tubuh. Selain itu, batu berwarna merah ini juga membantu meningkatkan kecerdasan dan sensualitas serta membawa kesadaran diri juga meningkatkan sistem peredaran darah secara kesuluruhan.

5/5 Turquoise

turqoiuse.jpgFoto dok: thespruce.com 

Batu berwarna biru ini memiliki sifat detoksifikasi dan juga anti inflmasi yang membantu meredakan jerawat, nyeri pada sendi serta sakit tenggorokan. Selain itu, turquoise dipercaya dapat memberikan energi positif pada tubuh, memberikan pikiran positif, ketenangan, keselarasan hingga menghilangkan pikiran negatif.