a94f5eb5-0e19-488a-bbf2-e2b7b8dd6f83.jpg

Memiliki pengertian “ilmu pengetahuan tentang kehidupan” dalam bahasa Sanskerta, pendekatan Ayurveda yang holistik semakin menarik minat para health enthusiasts di seluruh dunia. Serupa dengan pengobatan tradisional Tiongkok, Ayurveda berfokus pada keseimbangan, pencegahan dan pengertian mendalam pada kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, berbagai brand berusaha mengembangkan poduknya dari tradisi pengobatan kuno tersebut mulai dari produk perawatan spa, studio yoga, produk kecantikan kulit dan makeup hingga produk minuman.

e3c3ce71-184c-4048-bd68-4a114435e2e1.jpg

Tidak hanya bagi para pegiat gaya hidup sehat, tren ini juga menarik perhatian Tania Bardhan dan mendorongnya untuk mendalami ilmu serta menjadi seorang praktisi.

Ayurveda sendiri bukanlah hal yang asing bagi dirinya. Sejak usia 17 tahun, Tania telah diperkenalkan pada tradisi Ayurveda, namun dari sisi astrologi oleh sang kakek yang merupakan seorang ahli matemaika dan pendidik yang brilian.

Memiliki pemahaman menyeluruh serta kemampuan dalam menerapkan Ayurveda secara praktis dan modern membawanya berkarier di berbagai spa ternama di berbagai negara, seperti The Leela Palace di New Delhi, the Anantara Al Jabal Al Akhdar Resort di Oman, dan tentu saja the Four Seasons Hong Kong tempatnya bekerja sekarang sebagai Director of Spa.

Salah satu program andalannya adalah shirodhara, yaitu sebuah teknik dimana minyak Ayurveda yang hangat dan stabil diteteskan pada cakra mata ketiga untuk menenangkan sistem syaraf. Selanjutnya, terdapat juga meditasi kristal cakra untuk mendorong keseimbangan tubuh dan pikiran.

“Tujuan saya adalah untuk selalu memberikan program kesejahteraan berbasis hasil. Dewasa ini, berbagai tamu memiliki pengetahuan yang baik dan jauh lebih mengerti tentang treatment yang diinginkan dalam rutinitas kesehatan mereka,” ujar Tania. “Saya dapat berbicara berjam-jam mengenai chakra, warna dan simbol pada keduanya dalam level mistik maupun saintifik. Namun, jika hasilnya tidak benar-benar dirasakan, mereka tidak akan kembali untuk treatment selanjutnya.”

c8b3d071-cd69-435e-bf5d-dec152b2bb65.jpg

Bukanlah hal yang mudah untuk menyimpulkan salah satu praktik tertua di dunia ini, namun Tania mampu menjelaskannya dengan jelas. “Selama lebih dari 5.000 tahun, Ayurveda telah mempromosikan dinacharya, atau rutinitas keseharian dan kepercayaan diri. Hal ini mengajarkan kita untuk menjalani gaya hidup sehat dan mampu menyesuaikan diri pada perubahan musim,” ujarnya.

“Ayurveda menyadari bahwasanya kita terbuat dari lima elemen pembentuk semesta: air, api, bumi, udara, dan ruang,” lanjut Tania, yang juga adalah seorang praktisi homeopati dan akupuntur tersertifikasi.

Ada berbagai label Ayurveda yang sedang populer belakangan ini. Berikut ini adalah rekomendasi Tania Bardhan.

1/4 Subtle Energies

Merupakan salah satu merek Ayurveda modern yang orisinil dan paling dikenal, Subtle Energies pertama kali didirikan sebagai kilinik terapi alami di Sydney oleh Farida Irani pada 1993. Selama perjalanannya ke India, ia menemukan minyak esensial yang belum pernah dikenal sebelumnya di Barat dan tak lagi dikenakan oleh dokter Ayurveda. Ia telah menghiduplam kembali ramuan tradisional kuni ini dalam rangkaian produk SubtLE Energies seperti aromaterapi, perawatan kulit alami dan produk kesehatan.

2/4 Kama Ayurveda

Didirikan oleh empat sekawan di Delhi sejak 2002, produk perawatan kulit dan rambut Kama Ayurveda dikembangkan dari kolaborasi dengan Arya Vaidya Pharmacy yang telah berusia 100 tahun dan berasal dari Coimbature, Tamil Nadu.

3/4 Mauli Rituals

Pasangan suami istri Asal Inggris dengan latar belakang India, Anita dan Bittu Kaushal, mengembangkan produk Ayurveda yang dikombinasikan dengan sentuhan Britania.

4/4 Rasasara Skinfood

Percaya bahwa kulit adalah cermin yang mencerminkan keadaan tubuh kita, Rasasara Skinfood berupaya memberikan treatment terbaik melalui produk organiknya yang berbasis di Melbourne. Adapaun produk yang mereka miliki temasuk potent oils, hydrating mists, perawatan rambut, hingga mouthwash.

Artikel ini dimuat pada majalah Tatler Indonesia edisi bulan Agustus 2021. 

Translated by:  Ayu Dewanti
Photography by: Kwannam Chu