gettyimages-126372405-30_wide-9bd1d581f4e5fb0401c818804ad1b45ab2cd044c.jpg

Foto: Getty Images

Meraih dan memiliki bentuk badan ideal tentu bukan hal yang mudah. Kamu perlu punya pola makan yang teratur, diet yang seimbang, dan juga olahraga. Banyak sekali metode diet yang dirancang khusus untuk kebutuhan fisik yang berbeda-beda. Salah satunya adalah diet DASH, singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Metode diet ini dikembangkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) dan telah terbukti berhasil menurunkan hipertensi dalam waktu dua minggu jika dilakukan secara rutin. Jika kamu penderita hipertensi atau kenal orang yang menderita hipertensi, kamu perlu mengenali metode diet ini.

Asupan gizi

nutrisi.jpg

Foto: Wikimedia Commons 

Pelaku diet DASH diminta untuk mengonsumsi makanan yang rendah sodium, rendah kandungan gula, serta mengatur porsi makan yang tepat untuk kebutuhan kalorinya. Kita perlu memilih makanan yang tinggi potasium, kalsium, dan magnesium. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung gandum utuh (roti gandum, sereal, oatmeal), buah-buahan, sayuran, dan produk-produk susu rendah lemak. Ikan, ayam, daging merah, dan kacang-kacangan tetap boleh dikonsumsi tetapi asal hanya beberapa kali dalam satu minggu dan dalam takaran yang tidak berlebihan. 

Teknik diet DASH 
eating nhs.uk.jpg

Foto: nhs.uk 

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah teknik dietnya. Pelaku diet DASH diwajibkan untuk makan secara teratur dengan porsi yang seimbang. Oleh karena itu, kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, maupun lemak, asal dalam batas yang wajar. Jumlah sodium dalam makanan harus menjadi fokus perhatian dalam diet DASH. Ada dua versi, yang pertama adalah Standard DASH Diet dengan konsumsi sodium sebanyak 2.300 mg per hari; yang kedua adalah Lower Sodium DASH Diet dengan konsumsi sodium 1.500 mg per hari. 

Manfaat dari metode diet DASH 

manfaat onedio.co.jpg

Foto: onedio.co 

Ketiga adalah manfaatnya. Teknik diet DASH ini dirancang untuk mencegah lonjakan tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi. Selain itu, metode diet ini juga membantu mencegah osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes lewat makanan-makanan rendah garam. Walaupun tidak berfokus untuk penurunan berat badan, metode ini dapat membantu menjaga pola makan untuk mencapai berat badan ideal. 

Namun perlu diingat, pada saat melakukan diet DASH, pola makan tentu akan berubah drastis. Oleh karena itu, perlu dilakukan secara perlahan supaya tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Lalu jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk mencapai hasil yang maksimal. 

Baca juga: 5 Ways To Keep Your Eyes Healthy

Tags: Health, Wellness, Diet, DASH Diet, High Blood Pressure, Hypertension, Lower Blood Pressure, Hipertensi, Darah Tinggi