IMG_0002.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Seiring bertambahnya usia, mayoritas perempuan memiliki permasalahan kulit yang hampir sama dan mendambakan kulit yang awet muda. Hal ini kemudian mendorong berbagai tren perawatan kecantikan untuk mendapatkan kulit wajah lebih muda. Padahal,  kulit sehat dan terlihat 10 tahun lebih muda itu tidak terletak dari banyaknya produk yang digunakan, maupun jenis perawatannya. Ada cara alami yang bisa kamu gunakan buat mendapat kulit sehat, kenyal, dan tentunya terlihat 10 tahun lebih muda. Rahasia ini dibagikan langsung oleh seorang dokter bernama Dr. Eric Berg DC. 

Simak terus untuk mengetahui hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk terlihat jauh lebih muda.

1/6 Mengonsumsi lemak tak jenuh

IMG_9996.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Tubuh kita itu terdiri dari berbagai sel, termasuk lemak. Lemak dalam tubuh terdiri menjadi dua, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh. Biasanya, lemak jenuh berasal dari produk hewani atau olahan seperti daging dan susu. Lemak tak jenuh berasal dari produk tumbuh-tumbuhan seperti alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacang, salmon yang bermanfaat buat kulit dan kesehatan. Dengan mengganti konsumsi lemak jenuh ke lemak tak jenuh, kulit kamu bisa lebih sehat dan kenyal.

2/6 Menambahkan asupan berbagai vitamin

IMG_9997.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Untuk mendapatkan kulit terlihat 10 tahun lebih muda, kamu perlu menambahkan asupan berbagai vitamin. Terutama, vitamin A dan E. Kenapa? Menurut Dr. Eric, vitamin A sangat penting karena membantu merangsang produksi kolagen dan elastin. Hal ini membantu meratakan warna kulit dan mengatur produksi minyak. Jika asupan vitamin A tercukupi, maka kulit kamu jauh lebih lembut dan kenyal. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin dari buah dan sayur. Pilihlah sayur berwarna hijau seperti bayam atau kale, karena kaya akan beta karoten, kuning telur, hingga ikan. Sementara, vitamin E dianggap mampu menjaga kulit dari penuaan dini, radikal bebas, dan mencegah kerutan. Minyak biji gandum, alpukat, biji bunga matahari, alpukat, kacang almond bisa menjadi pilihanmu untuk mendapat asupan vitamin E.

3/6 Mengurangi makanan cepat saji atau diproses dengan minyak berlebih

IMG_9999.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Saat makan makanan cepat saji atau gorengan, memang terasa nikmat. Namun, makanan sejenis ini kurang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kamu. Apa alasannya? Dr. Eric Berg mengatakan bahwa menggabungkan protein dan gula atau protein dan lemak jenuh seperti donat, kentang goreng membuat kulit kamu mengalami penuaan jauh lebih cepat. Apalagi, produk olahan mengandung banyak MSG yang sangat tidak baik buat kulit.

4/6 Tidak  merokok

IMG_0001.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Merokok terkadang menjadi salah satu aktivitas melepas penat. Namun, senyawa nikotin bisa membuat pembuluh darah di lapisan terluar kulit menyempit dan merusak aliran darah ke kulit. Hasilnya membuat kulit kusam, kering, dan garis-garis halus semakin cepat terlihat. Kamu juga sebaiknya menghindari asap rokok,  agar kulit wajah kembali cerah, segar, dan terlihat jauh lebih muda. 

5/6 Memilih diet yang seimbang dan tepatIMG_0003.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Selain rokok dan junk food, diet yang salah bisa membuat kulit mengendur dan kering karena lemak tubuh berkurang. Oleh karena itu, kamu yang ingin atau sedang berdiet sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu. Penting untuk memperhatikan asupan protein dan lemak tak jenuh demi kulit wajah yang bersinar dan tampak awet muda. Jenis diet seperti ‘keto’ yang tinggi akan lemak tak jenuh, diimbangi dengan olahraga seperti HIIT (High Intensity Interval Training), intermittent fasting (16 - 20 jam) patut untuk dicoba untuk menjaga kesehatan, dan keremajaan kulit dan tubuh.

6/6 Tidur yang cukupIMG_0004.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Banyak aktivitas atau pekerjaan tertunda memang sering membuat kualitas tidur berantakan. Ini wajib banget kamu hindari buat mendapatkan kulit wajah terlihat lebih muda. Soalnya kalau tidur kurang, kulit wajah bisa terlihat pucat, mata panda, dan penuaan dini. Mulai biasakan tidur yang cukup dan berkualitas. Jangan lupa, siapkan air putih di samping tempat tidur agar kelembapan kulit tetap terjaga.