Tidak mudah untuk menjaga kesehatan mental selama melakukan karantina akibat pandemi COVID-19. Dihantui rasa bosan, ketakutan akan apa yang akan terjadi atau apapun masalah lainnya kerap muncul saat menjalani masa social distancing dan bisa berujung pada rasa stress yang akut. Oleh karena itu, kali ini Tatler Indonesia akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental. Dilansir dari cnbc.com, berikut rangkuman tips menjaga kesehatan mental yang telah dipaparkan oleh berbagai psikolog. Cek di sini selengkapnya.  

1/6 Menjaga kesehatan badan 

public domain pictures pixabay 1 .jpgFoto: Dok. Public Domain Pictures via Pixabay

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan badan. Dengan melakukan olahraga teratur, mengatur asupan makanan yang seimbang dan istirahat cukup, diyakini kamu akan merasa lebih baik. 

2/6 Membantu sesama 

sweetlouise pixabay 2.jpgFoto: Dok. SweetLouise via Pixabay

Menyadari bahwa pandemi tidak bisa kamu hadapi sendirian, kamu bisa membantu sesama yang membutuhkan dalam menghadapi COVID-19. Seperti dengan berdonasi atau mungkin turun langsung ke lapangan, rasa senang karena melakukan kebaikan diyakini bisa membuat mental membaik. 

3/6 Tidak putus komunikasi dengan dunia luar 

eric_lucatero 3.jpgFoto: Dok. Eric_Lucatero via Pixabay

Pada dasarnya, manusia merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Oleh karena itu, gunakan kemajuan teknologi seperti chat, video call atau conference call untuk tetap berhubungan dengan dunia luar. Selain itu, karantina bisa saja menjadi momen kamu bisa berbincang dengan teman lama atau saudara jauh.  

4/6 Batasi waktu kerja 

kaboompics 4.jpgFoto: Dok. Kaboompics via Pixabay

Batasi waktu untuk melakukan pekerjaan. Jangan sampai dengan banyaknya pekerjaan dapat membuat kamu menjadi tertekan dan terlalu dibawa pikiran. Jika kamu harus bekerja seharian, luangkan waktu di sela-sela kesibukanmu dengan mendengarkan lagu favoritmu, membaca buku dengan topik yang ringan, serta lakukan stretching atau meditasi selama 5 sampai 10 menit.

5/6 Fokus pada hal positif 

sweet louise 5.jpgFoto: Dok. SweetLouise via Pixabay

Berpikiran positif merupakan satu hal penting yang harus diterapkan untuk menjaga kesehatan mental. Oleh karena itu, dengan berfokus pada hal positif seperti membaca artikel yang memberikan kabar baik  dapat menghindari rasa stress berlebih. Tidak hanya itu, menonton dan membaca hal yang postif juga akan menyeimbangkan fikiranmu. 

6/6 Buat kesibukan baru 

free photos 5.jpg Foto: Dok. Free Pics via Pixabay

Memiliki gerak yang terbatas karena terus berada di rumah, kamu bisa mencoba melakukan hal baru supaya terhindar dari rasa bosan akan kesibukan setiap harinya. Mulai dari membersihkan rumah, memasak, merawat tanaman atau membuat projek baru tidak ada salahnya untuk dilakukan untuk mengusir rasa jenuh dan membuat otak terus bekerja.

Baca juga:  5 Tips Untuk Bekerja Secara Efektif di Rumah Saat Social Distancing

Tags: Mental Health, Tatler Wellness, Self Quarantine